Apa itu COUCHSURFING??

Halo Sobat Pejalan 🙂

Kali ini saya akan membahas apa sih ChouchSurfing itu?? Sejenis olahraga Surfing kah atau hal semacamnya??

Apa Itu CouchSurfing??

CS-logo

CouchSurfing adalah situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau Jaringan Silaturahmi. Saat ini, jumlah anggota CouchSurfing adalah 2,6 juta di 246 negara dan wilayah. CouchSurfing adalah suatu neologisme yang mengacu pada praktik perpindahan dari rumah teman yang satu ke rumah teman lainnya, tidur pada ruang senggang apapun yang tersedia, baik lantai maupun sofa (couch), dan umumnya tinggal beberapa hari sebelum pindah ke rumah berikutnya

CouchSurfing adalah sebuah jaringan non-profit internasional yang menghubungkan wisatawan dengan penduduk setempat di lebih dari 230 negara dan teritori di seluruh dunia. Sejak tahun 2004, anggota telah menggunakan sistem kami untuk datang bersama-sama dalam pertukaran budaya, persahabatan, dan pengalaman belajar. Hari ini, lebih dari satu juta orang yang dinyatakan mungkin tidak pernah bertemu dapat saling berbagi keramahan dan pemahaman budaya.

Jika melihat namanya sekilas, langsung mengarahkan pandangan orang kepada olahraga surfing. Nyatanya, anggota CouchSurfing pun melakukan surfing, tapi dari sofa ke sofa di berbagai belahan dunia. CouchSurfing merupakan komunitas traveler global yang anggotanya menyediakan tempat tinggal sementara secara gratis bagi traveler yang berkunjung ke suatu daerah dan berfokus pada cultural exchange dan juga membangun networking services bagi para anggotanya  Dibuat istilah “couch” atau sofa bisa jadi karena secara umum, ruang yang disediakan untuk tidur bagi anggota CouchSurfing bisa jadi hanyalah sofa, bukan kamar, ataupun hanya ruangan kecil yang beralaskan matras.

Akhirnya, setelah saya browsing ke sana ke mari, bertanya ke sana-ke sini, saya menemukan juga apalah arti dari satu kata keramat Couchsurfing ini. Couchsurfing sebenarnya berasal dari kata couch dan surfing, couch di sini berarti penginapan dan surfing di sini berarti para traveler. Couchsurfing sendiri adalah sebuah website sebagai tempat berkumpulnya komunitas pecinta jalan-jalan dari seluruh dunia, dan yang membuat komunitas ini menjadi seru adalah para traveler tidak hanya bisa mendapatkan info untuk rencana perjalanannya akan tetapi juga bisa mendapatkan teman travel dan penginapan gratis yang diberikan oleh sesama member jika berkunjung ke kotanya. Adanya penginapan gratis yang bisa di dapatkan bagi sesama member bukan berarti para traveler bisa seenaknya saja, karena tujuan utama penginapan gratis ini bukan semata-mata untuk penghematan anggaran akan tetapi juga sebagai ajang perkenalan sesama member Couchsurfing. Selain itu, member yang menyediakan tempat menginap atau yang biasa disebut dengan sebutan “Host” juga bisa mempromosikan wisata daerahnya kepada para “Surfer” (traveler yang menginap di rumahnya). Nah.. karena itulah Couchsurfing ini banyak digandrungi oleh para traveler dunia, bahkan karena sangking banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari Couchsurfing, bisa dianggap komunitas ini adalah surganya para traveler, Guys!

Mencoba pengalaman ber-Couchsurfing juga harus didukung dengan attitude yang baik, sehingga tidak terjadi pertengkaran antara sesama anggota member. Couchsurfing juga menyediakan fitur reference, fitur ini sangatlah membantu kita untuk mendapatkan Host, disinilah pentingnya attitude!! karena jika ada anggota member yang  tidak menyukai kita maka ia bisa saja memberikan referensi negatif di profil kita. Banyaknya referensi negatif akan mendukungnya proses penolakan bagi para Host untuk menerima kita menginap di rumahnya dan itu sangat merugikan, Guys!!

Sebelum saya menutup tulisan Couchsurfing di Blog saya kali ini, rasanya kurang afdol jika tidak memberikan tips Berikut, akan saya bagikan beberapa tips agar teman-teman bisa mengoptimalkan profil Couchsurfing teman-teman jadi bisa sangat membantu rencana jalan-jalan kalian, here we go!!

  • 1. Lengkapilah profil Couchsurfing

Tidak hanya memasang foto tapi seluruh pertanyaan yang terdapat di dalam profil juga harus diisi. Jika kalian kerepotan dalam berbahasa inggris maka bisa menggunakan jasa google translate atau kamus bahasa Inggris. Semakin bagus dan lengkap profil kalian maka akan semakin mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diantara para member.

JANGAN LAKUKAN :  Memasang foto orang lain, memasang foto bergambar kartun dan segala foto yang bukan foto diri kalian sendiri. Ini akun Couchsurfing bukan akun Facebook atau Twitter. Semua member yang melihat profil kalian benar-benar ingin mengetahui tentang kalian bisa dipercaya atau tidak, bukan ingin mencari kenalan, cari pacar, gebetan apalagi berlomba banyak-banyakan friends.

  • 2. Jika punya uang verifikasi lah profile kalian

Mem-verifikasi profil adalah dengan cara membayar kartu kredit kepada penyedia jasa Couchsurfing. Jika profile kalian telah diverifikasi maka pada foto dan profile kalian akan terdapat tanda centang hijau, ya mirip-mirip sedikit lah sama tanda centangnya twitter.

  • 3. Ikutilah beberapa group dan gathering

Couchsurfing juga menyediakan fitur group. Group ini sangat membantu bagi kalian berkenalan dengan member lain serta mencari info untuk rencana perjalanan kalian ke negara atau kota tertentu. Kalian juga bisa membantu sesama member lain di group yang sedang kesusahan mencari informasi dengan menjawab pertanyaan dari mereka atau hanya sekedar memberikan saran. Ikutilah juga group kota dimana kalian tinggal karena di dalam group yang kalian ikuti, biasanya juga akan disediakan informasi mengenai jadwal gathering.

Gathering ini adalah pertemuan sesama member yang diadakan oleh moderator group. Kalian bisa berkenalan dan bertemu langsung dengan member lainnya, dengan cara ini kalian bisa mendapatkan banyak teman dan referensi (reference).

  • 4. Bantulah banyak member

Membantu banyak member ini tidak hanya aktif dalam group, akan tetapi aktiflah juga sebagai Host, dengan menawarkan diri sebagi Host bagi para Surfer yang sedang mencari tempat menginap, maka kalian akan bisa dengan mudahnya mendapatkan referensi positif. Ingat!! Semakin banyak mendapatkan referensi positif akan membantu kalian juga mendapatkan host.

  • 5. Bukalah open request dan personal message untuk mencari Host

Jika teman-teman ingin berpergian dengan menggunakan fasilitas Host dari Couchsurfing sedangkan kalian tergolong anggota baru, maka bisa dengan membuka open request for host. Jika fitur ini tidak mempan (tidak ada yang memberikan tawaran menginap) maka silahkan lebih rajin lagi untuk mengirimkan personal message bagi para member yang tinggal di kota yang akan kita tuju dan memiliki status di profilenya “Open Couch/Couch available” (Bersedia menjadi host). Keterangan status ini bisa dilihat dari tanda sofa berwarna orange yang tercantum pada profil-nya. Lengkapi juga dengan pesan/keterangan singkat ketika kalian mengirimkan permohonan untuk mencari host, jangan biarkan fitur pesan/keterangan singkat itu kosong begitu saja. Misalnya dengan mencantumkan berapa jumlah orang yang traveling bersama kalian, gaya hidup kalian, berapa lama kalian akan menginap dan lain-lain, dengan begitu akan memberikan pertimbangan bagi para Host untuk menerima kehadiran kalian di rumahnya atau bahkan menolaknya. Semakin tidak muluk-muluk pesan singkat kalian maka akan semakin memudahkan host untuk menerima kalian. Muluk-muluk ini maksudnya adalah dengan meminta fasilitas internet, tidak suka binatang, ingin menginap dengan kamar pribadi, ingin di temani jalan-jalan dan lain-lain yang bisa membuat para calon Host muntah darah ketika membaca pesan/keterangan singkat kalian.

  • 6. Cantumkan syarat & keterangan untuk mendapatkan surfer yang baik

Pada profil Couchsurfing terdapat fitur couch information, fitur ini berfungsi untuk menyediakan keterangan bagi para surfer yang sedang mencari host. Kita sebagai pemilik profil bisa secara bebas mencantumkan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi para surfer jika akan menginap di rumah kita, misalkan dengan mencantumkan berapa kamar yang tersedia, berapa banyak keluarga yang tinggal bersama kita bahkan kita juga bisa mencantumkan syarat bagi para surfer, misalkan dengan tidak boleh merokok di rumah kita, tidak boleh jorok-jorok, hingga mencantumkan berapa banyak surfer yang bisa menginap di rumah kita.

  • 7. Jangan lakukan kegiatan apapun berbentuk SPAM

Segala kegiatan berbentuk SPAM yang dimaksud di sini seperti :

– Memberikan reference pada orang yang tidak anda kenal dengan baik dan memberikan reference yang tidak penting, misalnya : “Ini capa eaaaa”, “leh kenal ga?”, “No comment”, “emooot dulu akh!! :D”

Kenapa tidak boleh melakukan hal di atas? karena reference is reference, bukan comment facebook atau timeline pada twitter. Reference  adalah nyawa kalian di dalam komunitas Couchsurfing, semua member memperhitungkan kalian bisa dipercaya atau tidak melalui fitur ini. Jika kalian tetap “ngotot” melakukan hal ini, bisa jadi kalian akan diberi reference negatif dengan sukarela oleh member lain tanpa kalian memintanya.

Jika kalian bingung ingin memberikan reference karena kalian tidak mengenal dengan baik, maka sebaiknya kalian urungkan niat kalian memberikan reference. Cukup meng-add sebagai friends.

– Jangan sembarangan meng Add member yang kalian tidak kenal.

– Jangan sembarangan menggunakan fitur “logo” Couchsurfing, misalnya kalian hanya pernah bertemu, maka jangan sekali-kali mengaku kalian sebagai “host”.

So.. bagi para sobat-sobat pejalan yang mau mencoba pengalaman couchsurfing, maka silahkan saja membuat akunnya di www.couchsurfing.com, siapa tahu bisa bertemu dengan saya di sana 🙂

Jabat Hangat

Referensi

1

2

Satu pemikiran pada “Apa itu COUCHSURFING??

Tinggalkan komentar